Salah satunya tempat paling indah di Indonesia ialah Papua, yang di tahun 2003 dipisah jadi dua propinsi yakni Papua dan Papua Barat. Keelokan alam Papua memang masih natural serta mengagumkan.

Berada pada bagian timur pulau Papua, Propinsi Papua banyak memiliki taman nasional dan bermacam budaya yang memikat buat disaksikan dan didalami. Anda dapat rasakan kehidupan warga lokal yang tradisionil, berekreasi sekalian nikmati panorama alam dan coba makanan ciri khas di tempat. Berikut enam tempat rekreasi yang mengagumkan di Propinsi Papua.

BACA JUGA :

6 PANTAI INDAH DI BANTEN UNTUK DIJELAJAH

Berikut inilah Tempat Menakjubkan Papua :

Inilah Tempat Menakjubkan Papua

Pantai Bosnik

Pantai Bosnik memiliki nama lain yaitu Pantai Segara Cantik yang terletak di sebelah timur Pulau Biak, tepatnya di Dusun Woniki, Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua. Bosnik tidak hanya memiliki panorama pantai yang indah.

Tapi juga memiliki terumbu karang yang menakjubkan sehingga pengunjung bisa berenang, berjemur bahkan snorkeling. Namun harap berhati-hati jika ingin snorkeling di Pantai Bosnik, karena perairannya bertemu langsung dengan Samudera Pasifik dan memiliki arus yang kuat.

Air Terjun Wafsarak

Wafsarak yang memiliki nama lain Air Terjun Warsa ini terletak tidak jauh dari kawasan pantai. Meskipun merupakan air terjun yang sedikit landai dengan ketinggian sekitar 10 meter, Wafsarak memiliki panorama air terjun yang indah dan suara gemerisik air yang menenangkan.

Penduduk setempat merawat tempat wisata ini dengan hati-hati dan itu bisa dilihat dari warna air terjun yang kebiru-biruan dan panorama alam yang sejuk. Mengunjungi air terjun ini, Anda diperbolehkan untuk berenang dan menikmati panorama air terjun ini di atas bukit dengan satu syarat pengunjung tidak mencemari area sekitar air terjun.

Air Terjun Wafsarak terletak cukup jauh dari Kota Biak, memakan waktu sekitar dua jam dari pusat kota dengan mobil atau sepeda motor.

Danau Sentani

Danau Sentani tidak jauh dari pusat ibu kota Provinsi Papua, Jayapura. Sentani memiliki 22 pulau besar dan kecil. Beberapa pulau ini memiliki keunggulan tertentu dan banyak di antaranya telah dibuka sebagai tempat rekreasi. Danau ini memiliki banyak pulau karena meliputi area seluas 9.360 hektar.

Danau Sentani berisi air dari 34 mata air dari sekitar Pegunungan Cycloop. Besarnya debit air dan luasnya danau menyebabkan berbagai jenis biota di sekitar danau.

Selain tanaman air, danau ini menjadi rumah bagi sekitar 30 spesies ikan segar. Bahkan empat di antaranya sebagai Wabah Danau Sentani. Spesies tersebut adalah ikan todak (Pristis microdon), ikan pelangi merah (Glossolepis incisus), ikan pelangi Sentani (Chilatherina sentaniensis) dan ikan gabus Sentani (Oxyeleotris heterodon).

Danau Paniai

Paniai sebagai salah satu danau yang memiliki pemandangan indah terletak di Kabupaten Paniai, Papua. Danau Paniai memiliki luas 14.500 hektar dan merupakan salah satu danau terbesar di Indonesia. Keindahan Danau Paniai diakui oleh beberapa ratus negara pada World Lakes Summit di India pada tahun 2007.

Dari pagi hingga siang hari, Anda bisa menikmati sejuknya udara dengan birunya air danau. Panorama pegunungan dan aktivitas masyarakat sekitar akan memukau mata Anda. Namun jika ingin menikmati suasana yang berbeda, Anda bisa datang pada sore hari untuk mendapatkan event sunset. Airnya yang jernih akan memudahkan Anda untuk melihat ikan dan biota air tawar di danau.

Fasilitas di danau ini cukup lengkap dengan pos jaga dan beberapa pemandu rekreasi. Anda juga dapat menyewa perahu untuk menjelajahi danau. Bagi Anda yang hobi memancing, joran sudah disiapkan. Dan jika ingin bermalam, ada beberapa penginapan atau bisa juga menginap di rumah warga sekitar.

Lembah Baliem

Lembah Baliem merupakan rumah bagi suku Dani, Yali, dan Lani di sekitar Gunung Jayawijaya yang konon merupakan salah satu gunung terindah di Indonesia. Perjalanan menuju Lembah Baliem memang sulit, namun Anda bisa mencapainya dengan pesawat dari Kota Jayapura dan langsung menuju kota Wamena, kota istimewa di kawasan Lembah Baliem.

Panorama Lembah Baliem yang menakjubkan memvisualisasikan peradaban zaman batu dan sebagian besar tempat hanya dapat dicapai dengan sepeda atau berjalan kaki. Pedesaan di sekitar lembah menjadi tempat rekreasi yang istimewa, karena pengunjung dapat menjelajahi dan melihat kehidupan masyarakat Bali yang menjaga tradisi dan hidup secara tradisional.

Terima kasih, Semoga bermanfaat.

BACA JUGA :

Destinasi Wisata Terbaik Karibia