Bersentuhan dengan pesona alam Destinasi Wisata Sumbawa Terbaik yang menakjubkan akan membuat liburan para pecinta alam semakin mempesona.

 

Melarikan diri dari kehidupan sibuk bekerja dari jam 9 hingga jam 5 ternyata melegakan.

 

6 Destinasi Wisata Sumbawa Terbaik Untuk Dikunjungi Tahun 2022 Bersama Keluarga

 

Dan dosis pemandangan alam yang baik dapat menjadi penawar untuk membebaskan tubuh dan pikiran Anda dari tekanan sehari-hari

 

Berjalan-jalan di pantai berpasir yang mempesona, mendaki untuk melihat pemandangan gunung yang luar biasa, atau berselancar yang sangat baik di ombak besar Sumbawa akan membuat Anda melupakan stres Anda, dan membawa semangat selama liburan Anda.

 

 

 

Jika menikmati dan menjelajahi pemandangan alam yang luar biasa adalah kenangan yang ingin Anda buat untuk perjalanan pertama Anda di tahun 2022, maka Sumbawa adalah pilihan yang tepat.

 

Dengan ombaknya yang terkenal, medan yang liar, serta pulau dan pantai yang masih alami yang hadir dengan budaya asli penduduk setempat, perjalanan ke Sumbawa akan memberi Anda energi dengan pengalaman alam yang kaya.

 

Cara Menjelajah Sumbawa

 

Secara geografis, perairan yang mengelilingi Sumbawa yaitu Selat Alas di barat, Samudera Hindia di selatan, dan Teluk Saleh di utara.

 

Ditambah dengan iklim seperti sabana dan padang rumput yang luas, Anda mendapatkan lingkungan khas yang membuat siapa pun ingin mengunjungi pulau itu

 

Anda juga dijamin akan mendapatkan pengalaman yang mendebarkan saat mengikuti petualangan enam tempat wisata terbaik di Sumbawa ini.

 

Letusan super kolosal yang membawa seluruh planet ke salah satu musim dingin terpanjang, berasal dari gunung yang terkenal, Tambora

 

Sebuah kaldera besar sepanjang 7 km adalah bukti betapa besarnya letusan itu, pada tahun 1815

 

Tambora setinggi 3.000 meter, menjadikannya puncak tertinggi di Sumbawa. Untuk memulai perjalanan Anda, Anda harus memulai dari desa Pancasila di mana Anda memerlukan pemandu. Pendakian sendiri memakan waktu lebih dari satu hari.

 

Beberapa menganggap pendakian sebagai olahraga, yang lain menganggapnya sebagai perjalanan kontemplatif.

 

Jadi, jika Anda mencari aktivitas yang menantang atau perjalanan yang tak terlupakan sebelum memulai rutinitas Anda di tahun 2022, mendaki Tambora adalah yang mungkin Anda butuhkan

 

Saat Anda mendaki melalui jalan setapak, harapkan rangkaian pemandangan pedesaan yang menakjubkan, hutan musim gugur, dan hutan lanskap tinggi, padang sabana yang menawan, serta rasa kegembiraan dari berkemah sebelum mencapai puncak.

 

Taman Nasional Gunung Tambora secara resmi ditetapkan pada tahun 2015. Selain hiking dan berkemah, pengunjung dapat menjelajahi aktivitas petualangan lainnya mulai dari trekking di hutan, menunggang kuda, off-road hingga river-tubin

 

Taman nasional ini juga merupakan rumah bagi spesies endemik selain spesies lain seperti rajumas, dan kukun.

 

Tempat persembunyian yang indah di Pulau Kanawa adalah tempat yang sempurna untuk menyendiri dan menikmati diri sendiri, jauh dari kebisingan kota.

 

Permata tersembunyi ini memberikan kombinasi pemotretan laut pirus dan pasir putih berkilau yang menyatu secara alami dengan sabana emas halus. Apa yang menyenangkan untuk menghabiskan hari, dan berkemah malam di surga kecil ini

 

Tidak hanya itu, Anda juga bisa snorkeling atau berenang di jernihnya air pulau tak berpenghuni ini. Berjalan-jalan sebentar di sepanjang pasir putihnya yang masih asli sambil menikmati angin laut juga membuat rileks.

 

Jika Anda ingin melihat pemandangan terbaik dari sabana, pastikan untuk datang di musim panas di mana rumput hijau sudah berubah menjadi warna emas, membuat lanskap benar-benar menakjubkan.

 

Dermaga adalah titik pandang yang bagus. Jika Anda membutuhkan koleksi foto alam yang menakjubkan. Anda dapat mengambil beberapa gambar dari dermaga ini, ada beberapa pohon palem, sabana, dan rumah-rumah kayu yang menghadirkan ketenangan yang tenang di dekat pantai.

 

Pulau Kanawa

 

Untuk mencapai Pulau Kanawa, menyeberangi jalur dari Pelabuhan Poto Tano menggunakan perahu kayu penduduk setempat

 

Harga : Rp 500.000/perahu. Perahu hanya berisi hingga 10 orang.

 

Sebuah bangunan yang berdiri sejak ratusan tahun yang lalu, Istana Dalam Loka, merupakan peninggalan Raja Sumbawa. Ini adalah tempat yang bagus jika Anda ingin belajar tentang sejarah Sumbawa.

 

Istana ini terletak 3 km dari bandara Sumbawa. Alih-alih paku, Anda akan menemukan bahwa bangunan itu hanya menggunakan kayu untuk menyambung setiap bagiannya, dan terbuat dari kayu jati terbaik di zamannya.

 

Hal ini membuat istana menjadi tahan gempa, dan masih dalam kondisi baik setelah bertahun-tahun. Dengan lebar 1,251 meter, istana ini menjadi salah satu rumah panggung terbesar di duni

 

Rumah yang menghadap ke selatan melambangkan melihat kembali ke masa lalu. Artinya, setiap orang dapat belajar dari masa lalu untuk membuat keputusan yang bijaksana dan terinformasi di masa sekarang.

 

Ticket: Rp 15.000/person

 

Sumbawa memang menyimpan permata alam terbaik dan masih alami yang belum banyak diketahui orang

 

Air Terjun Kalela

 

Terletak di Desa Jereweh, Air Terjun Kalela adalah permata baru di Sumbawa yang memiliki panorama menawan. Hotel ini berjarak 48 km dari Pelabuhan Poto Tano

 

Air di kolam ini memiliki air berwarna biru kehijauan yang berpadu serasi dengan bebatuan besar berwarna coklat. Beberapa akar tua tergantung di dekat batu.

 

Anda akan berjalan melewati deretan sawah sebelum mencapai permata yang menakjubkan ini.

 

Saat Anda tiba, rendam tubuh Anda di kolam air tawarnya sambil menikmati alam yang indah di sekitar Anda. Sungguh suguhan yang menyegarkan pikiran.

 

Tebing yang tinggi ini memiliki rongga-rongga yang membentuk gua-gua kecil. Masuk ke dalam melalui tirai air terjun dan ambil kamera tahan air Anda untuk mengambil pemandangan Air Terjun Kalela yang eksotis ini.

 

Ticket: Rp 15.000/person

 

Pulau Bungin

 

Selagi berada di sana, sempatkan juga untuk mengunjungi tempat budidaya berbagai jenis ikan dan lobster di Pulau Bungin.

 

Rumah-rumah di Pulau dibangun di atas air. Jika dilihat dari atas, rumah-rumah tersebut berbentuk setengah bulat yang menghadap ke gunung.

 

Mereka adalah rumah panggung kayu. Dan mereka terlihat seperti mengambang di air biru jernih.

 

Konon Bungin adalah pulau terpadat di dunia. Hampir semua ruang di pulau ini dipenuhi dengan rumah, fasilitas umum seperti masjid, dan dermaga untuk rantai perahu.

 

Baca Juga: Tempat Wisata Yang Cantik Di Indonesia 2022